Sejarah

Sharing is caring!

Sejarah berdirinya RS PKU Muhammadiyah Rogojampi diawali dengan adanya dorongan untuk membantu masyarakat di daerah Rogojampi Banyuwangi agar dapat mengakses layanan kesehatan terdekat serta adanya niatan syi’ar melalui aktivitas nyata. Aktivitas bertumbuh seiring dengan masukan yang diberikan masyarakat atas kebutuhan mereka, termasuk kebutuhan akan pelayanan kesehatan.

Rogodjampi, 1947
Foto Udara Rogodjampi Tahun 1947, diambil oleh tentara Belanda saat Agresi Militer I. Sumber : Banyuwangi Tempo Doeloe

Pada tahun 1963, hanya terdapat satu buah poliklinik yang diselenggarakan pemerintah di Kecamatan Rogojampi. Melihat kenyataan tersebut, maka Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan merasa terpanggil untuk membantu pemerintah dalam menyelenggarakan dan melaksanakan program khususnya di bidang kesehatan yang selanjutnya pada tahun yang sama disusunlah panitia pembangunan gedung BKIA Muhammadiyah. Pada bulan April 1970 diresmikan berdirinya gedung dan dibukanya Balai Pengobatan PKU Muhammadiyah yang beralamat di Jalan Raya Nomor 20 Rogojampi Banyuwangi.

Pada tahun 1971, diresmikan Rumah Bersalin dan Balai Kesehatan Ibu dan Anak untuk melengkapi Balai Pengobatan PKU.Sejak awal berdirinya hingga kini, BP/RB dan BKIA PKU Muhammadiyah mendapat respon yang sangat positif dari warga masyarakat Rogojampi. Dari tahun ke tahun perkembangan kegiatan pelayanan kepada masyarakat cukup menggembirakan, sehingga secara bertahap dapat meningkatkan pelayanan dan sarana yang dibutuhkan.

Pada tahun 2000 dimulai rencana dan persiapan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan menjadi sebuah Rumah Sakit. Terhitung sejak bulan September 2002 berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, PKU Muhammadiyah Rogojampi berubah status menjadi Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak. Hal ini secara resmi terjadi melalui terbitnya ijin ujicoba yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur tanggal 6 Agustus 2004.

Wajah depan
Wajah Depan RSU PKU Muhammadiyah Rogojampi 2015. Foto : dokhan

 

Pada perkembangannya, tanggal 30 Mei 2008 keluar ijin tetap penyelenggaraan Rumah Sakit diperoleh melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nmor: HK.07.06/iii/1993/08 tentang pemberian ijin penyelenggaraan Rumah Sakit Ibu dan Anak PKU Muhammadiyah Rogojampi.

Pencapaian lain dari Rumah Sakit ini antara lain, pada 21 Oktober 2011 telah berhasil melalui penilaian Akreditasi Rumah Sakit 5 pelayanan. Hal ini yang menandai era baru RSIA PKU Muhammadiyah untuk makin optimis bergerak maju mengikuti perkembangan industri perumahsakitan di Indonesia. Selain itu sebagai bagian dari syiar Agama Islam pengelola Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Rogojampi berusaha dengan sungguh-sungguh menjaga komitmen baik kepada masyarakat maupun kepada karyawan. Hal ini membuahkan kepercayaan masyarakat yang tinggi secara pelan namun pasti kebutuhan masyarakat untuk mendapat pelayanan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Rogojampi meningkat, tidak hanya kebutuhan pelayanan ibu dan anak tertapi pelayanan kesehatan secara umum. Bahkan beberapa waktu terakhir jumlah pasien umum sudah jauh melebihi pelayanan khusus ibu dan anak.

Slide31
Gambar Master Plan RSU PKU Muhammadiyah Rogojampi

Pada tahun 2013 rumah sakit bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan untuk menangani pasien Jamkesmas. Berlanjut tahun 2014 bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut. Selain itu rumah sakit ini juga bekerjasama dengan asuransi BUMN dan swasta lainnya.

Tahun 2015 merupakan babak baru rumah sakit ini, setelah sebelumnya menjadi rumah sakit khusus ibu dan anak. Sejak Bulan September 2015 statusnya berubah menjadi Rumah Sakit Umum dengan tipe D. (adm/drh-pkurogojampi)