Khitanan Massal Desa Tegalarum Kecamatan Sempu, Sinergi Antara IDI Banyuwangi, Baznas dan PPNI

Sharing is caring!

IDIBANYUWANGI.COM – Didalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga IKatan Dokter Indonesia, terdapat beberapa hal yang harus selalu dilaksanakan, antara lain bermitra dengan pemerintah dalam pengembangan kebijakan dan dalam program-program kesehatan; membantu masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan derajat kesehatannya serta mengadakan hubungan kerjasama dengan badan-badan lain yang mempunyai tujuan yang sama atau selaras, pemerintah atau swasta di dalam negeri atau di luar negeri. Ketiga poin tersebut sangat perlu dilaksanakan secara terus menerus agar masyarakat bisa merasakan keberadaan IDI.

Dalam rangkaian tersebut, pada Minggu 2 Oktober 2016 Ikatan Dokter Indonesia IDI Banyuwangi yang bekerjasama dengan Baznas Banyuwangi, Puskesmas Kecamatan Sempu dan PPNI Banyuwangi mengadakan acara khitanan massal bertempat di Desa Tegalarum Kecamatan Sempu, Banyuwangi. Acara tersebut dimulai pada pagi hari dengan kegiatan pawai peserta khitan. Berlangsung meriah ditengah cuaca cerah di Balai Desa Tegalarum.

Kepala Desa Tegalarum, H. Turmudzi memberi nama kegiatan tersebut dengan “Festival Gerakan Sosial”. Selain khitanan massal, berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan itu antara lain Bantuan Peralatan Kerja dan Modal Usaha Kelompok, Gerakan Gotong Royong Sedekah Seribu, Bantuan Akomodasi dan Transportasi Siswa Dhuafa serta Bedah Rumah.

Turut hadir pada kegiatan tersebut 20 orang dokter anggota IDI Banyuwangi, baik dokter umum maupun dokter spesialis. Terlihat Dokter Firman Adi Sanjaya Spesialis Bedah Syaraf, Dokter Arif Dharmawan Spesialis Bedah, Dokter Abdul Hanan Spesialis Bedah dan dokter-dokter lainnya bahu membahu mengkhitan sekitar 17 anak. “Alhamdulillah banyak anggota IDI senior yang turun gunung bersama dokter-dokter lainnya, sangat mengharukan”, cetus Dokter Toto Hermanto kepada redaksi.

Khitanan tersebut telah dipersiapkan secara matang oleh koordinator lapangan Dokter Satinta dari Puskesmas Sempu. “Kami telah siapkan sekitar 7 meja dan kami susun tim operator yang dibantu oleh asisten dari kawan-kawan PPNI”, jelas Dokter Satinta kepada redaksi.

Dokter Yos Hermawan, Ketua IDI Banyuwangi mengatakan bahwa kepedulian dan kekompakan anggota IDI merupakan spirit bagi semua untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan organisasi. “Ini adalah wujud nyata IDI untuk turut serta aktif dalam pembangunan kesehatan bangsa”, ujar Dokter Yos. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 9 pagi dan berakhir pukul 11 siang ini mendapat antusias warga masyarakat sekitar. “Kami senang melihat warga dapat ikut bergembira bersama dan bisa sehat bersama”, tambah Dokter Yos.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Dokter Rio Lestariono yang juga ikut hadir menyatakan bahwa kegiatan ini sangat baik karena mempunyai banyak implikasi positif, antara lain bermanfaat secara langsung bagi masyarakat, bentuk sinergi kolaboratif antara IDI, PPNI dan Baznas dengan pemerintah Desa Tegalarum, menjadi wahana silaturrahim antara anggota IDI serta mengasah kepekaan sosial. “Kegiatan ini sangat baik dan secara langsung membantu program pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam hal kesehatan. Oleh karena itu, perlu untuk dijadikan agenda resmi”, kata Dokter Rio. (dokhan-idibwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *