4 Kunci Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

Sharing is caring!

Puasa Ramadan adalah waktu yang baik untuk melakukan detoksifikasi bagi tubuh sekaligus beribadah. Sepanjang hari, selama 12 jam atau lebih tubuh kita kekurangan cairan dan asupan nutrisi. Akibatnya, beberapa orang ada yang cenderung cepat lemas dan tidak bersemangat karena kurangnya cairan dan nutrisi.

Untuk memastikan nutrisi yang cukup dan kondisi kesehatan tetap stabil dan bugar. tak ada salahnya Anda melakukan tips yang dirangkum detikHealth, Senin (30/6/2014) berikut ini:

1. Konsultasi ke Dokter

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter tentang keamanan puasa dalam keadaan kesehatan individu. Kadang-kadang, seseorang memiliki beberapa perhatian khusus mengenai kesehatannya.

Nah, perhatian khusus itu bisa jadi justru mengganggu kegiatan berpuasa jika diabaikan begitu saja. Tanyakan pula ke Dokter multivitamin yang paling tepat untuk tubuh Anda.

2. Jangan lewatkan sahur

Sulit memang untuk bangun saat sahur padahal hal ini tidak boleh dilewatkan. Seperti sarapan, sahur diakui sebagai makan paling penting dalam sehari. Akan tetapi jangan makan berlebihan saat sahur.

Cobalah memilih makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, buah-buahan atau sayuran, dan jangan lupa untuk minum banyak air minimal 2 gelas.

3. Jangan kalap saat berbuka

Saat berbuka puasa, kebanyakan orang cenderung kalap dan mangonsumsi berbagai macam makanan. Sebetulnya hal itu justru berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sebaiknya, berbukalah dengan segelas air putih dan dilanjutkan dengan mengambil beberapa butir kurma. Setelah beberapa saat, barulah makan berat dan pastikan hingga malam hari Anda banyak minum air.

4. Tetap rutin beraktivitas

Selama puasa, beberapa aktivitas yang sebaiknya dilakukan seperti rajin mencuci tangan, rajin menyikat gigi dan menggunakan dental floss.

Selain itu, mengatur jadwal supaya mendapatkan cukup tidur dapat membantu menghadapi tantangan selama puasa. Tetaplah berolahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 15-20 menit sebagai refreshing.

Sumber : http://health.detik.com/read/2014/06/30/163121/2623468/763/1/4-kunci-agar-tubuh-tetap-fit-saat-berpuasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *